seakan-akan mereka sedang nyeri parah.

Untuk buang air besar, seorang bayi harus menegangkan perut sekaligus mengendurkan anus, Ini bisa sulit dilakukan oleh seorang bayi yang masih sangat kecil.

Banyak bayi yang tidak sengaja menegangkan semuanya dan mencoba mengeluarkan tinja melalui anus yang tertutup rapat.

Mereka berbaring terlentang.

Bayangkan kesulitan yang Anda hadapi jika Anda harus buang air besar dalam posisi tersebut Bayi mengerang dan mengernyitkan wajah ketika mereka buang air besar karena mereka bekerja begitu keras untuk mengatasi kedua tantangan ini, bukan karena mereka dalam keadaan nyeri! (Bahasan lebih lanjut tentang sembelit terdapat di Bab 14.)

Usus yang "terlalu aktif"-Menangis, kram, dan refleks gastro-intestinal Apakah bayi menangis dan meringkuk tidak lama setelah Anda mulai menyusuinya? Erangan dan geliatan tubuhnya bisa tampak seperti sakit erut, tetapi biasanya ini adalah reaksi yang berlebihan dari refleks usus ang normal yang disebut refleks gastro-intestinal (artinya refleks dari lambung dan usus)

seakan-akan mereka sedang nyeri parah.

Refleks yang sangat berharga ini adalah sebuah cara dari lambung untuk berkata kepada usus: "Tiba saatnya untuk mengeluarkan tinja dan LIMA TEORI UrAMA Kouk DAN MENGAPA TEORI TERSEBUT SALAH 43 Aspal hitam sampai telur kocok: Seperti apakah tinja bayi yang normal? Hanya sedikit orangtua baru yang siap menghadapi kenyataan bahwa tinja bayi mereka bisa sangat aneh.

Bayi yang baru lahir hampir selalu mengeluarkan tinja pertama yang 'aneh' yaitu mekonium.

(Ro- bin Williams menggambarkan konsistensinya yang seperti aspal sebagai ersilangan antara pita perekat Velcro dengan sisa bahan racun!) Dalam beberapa hari, mekonium yang berwarna hitam kehijauan berubah men jadi hijau muda, kemudian kuning terang dengan tekstur yang agak ber biji-biji.

Pada bayi yang disusui, kemudian tinjanya berubah menjadi seperti telur kocok encer yang dikeluarkan sebanyak empat sampai dua belas kali sehari.

Selama satu atau dua bulan selanjutnya, tinjanya menjadi lebih kental, seperti bubur havermut, dan hanya keluar satu hari sekali atau lebih sedikit dari ini.

(Periode terpanjang tanpa buang air besar yang pernah saya lihat dari bayi sehat yang disusui adalah dua puluh satu hari.

Tetapi, jika bayi Anda tidak buang air besar selama lebih dari tiga hari, hubungi dokter anak untuk memastikan bahwa ia baik-baik saja.) Intuk bayi yang diberi susu botol, tinjanya bisa lunak, seperti tanah liat, atau keras selama beberapa minggu pertama.

Formula tertentu yang diminum bayi bisa mempengaruhi konsistensi tinjanya.

Beberapa bayi mengalami sembelit akibat formula susu sapi, sementara bayi lainnya mengalami sembelit akibat formula susu kedelai.

Selama satu atau dua bulan selanjutnya

Beberapa bayi bahıkan peka terhadap perbedan antara susu formula bubuk atau susu konsen- trat.

menyediakan ruang bagi makanan baru yang baru saja dimakan!" Jika Anda memperhatikan bahwa bayi Anda buang air besar selama atau tidak lama sesudah ia makan, maka inilah sebabnya.

Kebanyakan bayi tidak menyadari ketika refleks ini terjadi.

Beberapa bayi merasakan kram ringan setelah banyak makan atau ketika mereka rewel di akhir hari.

Tetapi, bagi sebagian kecil bayi, pengerutan usus ini terasa seperti pukulan di perut! Bayi-bayi ini merintih seakan-akan mereka sedang nyeri parah.

Seperti yang bisa Anda bayangkan, refleks gastro-intestinal ini bisa 44 LIHAT SIAPA YANG MERENGEK Cara kerja perut bayi Anda Sistem pencernaan seorang bayi seperti meja berjalan yang panjang, Di satu ujungnya, susu dimasukkan ke mulut sebanyak lima sampai delapan kali sehari.

Susu segera dikirim ke lambung, kemu- dian perlahan-lahan dibawa melalui usus halus, tempat susu dicerna dan diserap.

Susu yang tidak diserap dialihkan menjadi tinja dan disimpan sementara di usus besar Ketika acara makan berikutnya dimulai, lambung mengirim pesan ke usus besar bagian bawah dan memerintahkannya untuk mengerut.

Pengerutan ini mendorong tinja keluar, sehingga ada ruang untuk makanan selanjutnya.

Pesan dari lambung ke usus besar ini mengerutkan atau memicu reflek gastro-kolik.

terasa lebih tidak nyaman jika bayi Anda sembelit dan usus besarnya harus mengejan keras untuk mengeluarkan tinja yang keras.

Tetapi, sebagian besar bayi yang menangis karena refleks ini memiliki tinja yang lunak dan seperti pasta.

Popular posts from this blog

Sewa Hiace di Jakarta

Daftar Harga Sewa bus jakarta dan Sewa mobil bandung

Sewa Bus jakarta | sewa mobil bandung 2019